6:34 AM

JAMU DAN CARA MENGATASI DISENTRI

Posted by solusihandphone

Penyakit ini ditandai dengan timbulnya meneret bercampur darah, lendir dan darah. Penyakit ini mudah menular. Cara penularannya dari or¬ang ke orang lainnya melalui alat pencernaan p.ada waktu orang makan atau minum minuman yang mengandung bibit-bibit penyakit disentri. Kalau penyakit ini dibiarkan, maka akan membuat daya tahan tubuh me-nurun dengan cepat.
Gejalanya demikian:
a. Perut terasa mulas dan sakit.
b. Buang air/berak berulang-ulang; kadang-kadang sampai lebih dari 20
kali sehari.
c. Kotoran cair bercampur darah dan nanah serta kelihatan hijau kotor
berselaput ingus dan lendir, baunya amis.
d. Panas badan-tinggi.
e. Badan lemah dan terasa dahaga.

Pengobatannya :
a. Berikanlah makanan yang cair dari bahan-bahan makanan yang tak berampas secukupnya sarnpai penderita tidak meneret lagi,.
b. Usahakan si sakit sering membersihkan mulutnya.
c. Ambil turi yang berbunga merah, daunnya 1/2 genggam, kulitnya jari, akarnya 2 butir dan bunganya 5 kuntum, setelah dicuci bersih lalu ditumbuk halus-halus, diberi air masak tiga perempat gelas rninum dan garam sedikit, diperas dan disaring lalu diminum 2 kali sehari semalam
d. Getah gambir sebesar telur cecak, dibakar lalu diseduh dengan air men-didih 1 cangkir dan ditambah kapur sirih sedikit, setelah dingin atau suam-suam kuku diminum 2 kali sehari.
e. Jainbu biji, ambil daunnya 15 lembar, kulitnya tigajari, akarnya 2 butir dan bunganya 4 kanlum, direbus dengan air bersih 4 gelas minum sampaitinggal 1/2 nya saja, sesudah dingin disaring lalu diminum 2 kali sehari 1 gelas
f. Bungapisang kepok 10 kuntum, dicuci bersih-bersih, dikanyah halus-halus dengan garam sedikit, airnya teras diminum 3 kali sehari semalam.
g. Daun singkong yang bertangkai merah 7 tangkai, dimasak dengan tajin (air tanakan be'ras) dan garam sedikit sesudah masak dan dingin dimakan 3 kali sehari semalam.
h. Buah pinang yang telah tua 1 bUah, ditumbuk halus-halus, diberi air masak 1 cangkir dan garam sedikit, diperas dan disaring lalu diminum I kali sehari semalam.
i. Kulit buah rambutan 10 buah, direbus dengan air bersih 3 gelas hingga tinggal 1/2 nya saja, sesudah dingin disaring lalu diminum 2 kali sehari tiga perempat gelas.
j. Kulit batang kemiri 1/2 jari, dicuci bersih-bersih, dikunyah-kunyah terus ditelan 3 kali sehari semalam.
k. Asam lama (kawak) 2 jari, kunyit 2 jari, gula enau 2 jari, garam-sebesar biji asam, ditumbuk halus-halus, diberi air masak 1 cangkir, diperas dan disaring lalu diniinum 2 kali sehari semalam.
l. Serbuk kopi murni 1 sendok teh, serbuk daun pepaya (yang telah dikeringkan dengan diangin-anginkan saja) 1 sendok teh, diseduh dengan air panas 1 cangkir dan diaduk baik-baik, sesudah dingin diminum 3 kali sehari semalam.
m. Carilah 5 buah rumput teki, cucilah sampai bersih dan keringkan. Setalah kering ditumbuk sampai halus. Tepung dari rumput ini diseduh dengan air panas. Air seduhan ini lalu diminum pada waktu pagi dan malam hari.
n. Dapatkan 10 biji buah kurma. Cuci bersih lalu jemur di panas matahari sampai benar-benar kering. kemudian disangrai. bisa juga dihakar s: hangus. lalu ditumbuk sampai halus. Selanjutnya I sendok makun I tcrsebut diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Setelah dingin be pada penderita untuk diminum 2 kali sehari.